3 Jenis Jerawat Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui
Kesehatan

3 Jenis Jerawat Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Istilah jerawat sering banget kita dengar, tapi tau kah Anda bahwa jerawat itu banyak jenisnya. Seperti jerawat batu atau jerawat kecil jika kita mengucapkannya dalam bahasa sehari-hari. Tapi didunia kedokteran ada sendiri istilahnya. Penting juga kita baca Cara Merawat Kuku Panjang karena termasuk hal yang harus selalu kita perhatikan

3 Jenis Jerawat Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

3 Jenis Jerawat Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Papula

Papula adalah jeawat merah berukuran kecil yang tidak bermata. Papula disebabkan kotoran terjebak dalam pori-pori namun dibiarkan telalu lama sehingga menjadi menumpuk dan jika terdapat infeksi baktei maka akan menyebabkan peradangan oleh baktei propionibacterium acnes. Bakteri propionibacterium acnes hidup di saluran kelenjar sebaceous yaitu daerah tempat beradanya asam lemak yang tesernbunyi di dalam pori-pori kulit.

Pustul

Pustul adalah kondisi jerawat papula yang dibiarkan atau tidak diobati sehingga kerusakan yang ditimbulkan semakin parah dan mengakibatkan peradangan yang meluas. Jerawat pustul juga menyebabkan kelenjar sebacea pecah dan menginfeksi daerah sekitar.

Karena infeksi yang meluas maka dapat merangsang sel darah putih yang berperan sebagai sistem imunitas. Sel darah putih yag melawan infeksi baktei tesebut akan menyebabkan keluarnya nanah yang merupakan sel darah putih yang mati. ltulah sebabnya jerawat pustul meniliki mata berwarna kuning atau putih, ukurannya lebih besar dibandingkan jerawat papula

Nodule Cyst

Nodule adalah jerawat dengan ukuran besar, peradangan sampai ke folikel di bawah permukaan kulit, jika disentuh akan terasa sakit. Nodule ini menandakan adanya kerusakan yang meluas hingga ke jaringan dalam. Penanganan yang salah akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Jangan sekali-kali memijit jerawat ini karena akan menyebabkan peradangan yang lebih akut. Bisa kita atasi dengan Cara Merawat Wajah Agar Glowing.

Selain itu, penderita jerawat nodule pada umumnya memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini karena jerawat jenis ini menurut secara genetik, di mana kelenjar minyak yang overaktif, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, dan memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *