Pendidikan

CARA MENDAPATKAN BEASISWA KULIAH DI LUAR NEGRI

Untuk melanjutkan kuliah dengan beasiswa itu tentu membutuhkan biaya yang cukup banyak. Dan yang pasti kalian juga banyak berfikir tentang bagaimana cara agar bisa kuliah di luar negeri namun yang tanpa mengeluarkan biaya. Jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan beasiswa. Namun untuk mendapatkan beasiswa universitas luar negeri itu tidak mudah. Ada berbagai macam cara yang harus kalian lewati dan yang harus kalian lakukan. Banyaknya peminat beasiswa ini kalian harus bersaing dengan orang-orang diluar sana yang mungkin lebih cerdas dari kalian. Tapi tenang saja, jika kalian mau berusaha dan terus berjuang kemungkinan besar kalian mampu meraih beasiswa tersebut.
Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan terlebih dulu agar pengajuanmu dapat diterima dan bisa lolos.

1.  Pencapaian akademis

Hal pertama yang seharusnya dilakukan adalan kalian harus memiliki nilai akademis yang bagus. Semakin baik nilai akademis yang kalian miliki maka semakin tinggi juga peluang untuk kalian diterima beasiswa. Karena sebagian besar universitas di luar negeri menuntut pelamarnya harus memiliki nilai akademi yang baik dari segi nilai ataupun prestasinya.

2. Aktif berorganisasi

Biasanya mahasiswa luar negeri akan melirik siswa yang aktif dalam berorganisasi atau yang aktif dalam mengikuti kegiatan sosial. Kalian bisa memulai dari hal kecil, bisa dari menjadi anggota osis atau himpunan mahasiswa kampus. Dengan aktif berorganisasi, kalian akan dianggap seorang yang memiliki pengalaman untuk berinteraksi dengan banyak orang dan terjun langsung dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya. Kalian juga bisa mengikuti kegiatan organisasi di luar kampus seperti menjadi relawan atau kegiatan bakti sosial, dan lainsebagainya yang ada di sekitar kampus tersebut.

3. Kemampuan berbahasa asing

Hal ini adalah hal yang sesungguhnya sangat penting buat kalian yang ingin kuliah di luar negeri. Karena jika kalian tidak memiliki kemampuan baha asing kalian pasti akan sangat kesulitan untuk bisa memahami pelajaran dan kesulitan untuk berbica dengan orang-orang disana. Selain itu syarat untuk bisa mengambil beasiswa luar negeri adalah dengan mengikuti tes bahasa yang akan digunakan adalah TOEFL(Test Of Englist Foreign Leangue) dan IELTS(International Englist Leangue Testing System). Dan pastikan kalian memiliki skor TOEFL di atas 550 dan skor IELTS diatas 6,5 untuk mencapai posisi yang aman.

4. Buat Curriculum Vitae

Kalian wajib untuk membuat Curriculum Vitae(CV), karena dengan adanya ini, pihak pemberi beasiswa akan melihat bagaimana diri kalian selama ini dan apa saja pengalaman yang kalian miliki.

5. Menulis Motivation Letter

Tujuan dari Motivation Letter ini adalah untuk menunjukan alasan mengapa kalian memilih universitas tersebut dan mengapa kalian memilih bidang studi itu. Kalian juga harus menjelaskan mengapa jurusan studi yang telah kamu pilih ini menarik dan apa yang kamu lakukan setealh mendapatkan ilmu dari jurusan studi tersebut. kalian harus meyainkan pihak pemberi beasiswa bahwa kalian memiliki komitmen yang serius untuk memberikan yang terbaik jika kalian dapat menerima beasiswa itu.

6. Latihan Interview

Dan setelah kalian dinyatakan lolos dari tes sebelumnya, kalian diminta untuk interview atau tes wawancara. Banyak sebagian dari mereka yang gagal dalam test ini, karena sangat grogi dan tidak percaya diri. Sebelum kalian melakukan test ini sebaiknya kalian harus berlatih terlebih dulu untuk memperlancar interview. Kunci dari test ini adalah harus percaya diri, tidak grogi dan melatih diri untuk berbicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *