pantai-sendang-biru
Wisata

Pantai Sendang Biru – Wisata Malang yang indah

Malang sangat terkenal dengan objek wisata pantainya. Ada Pantai yang tersembunyi, ada pula yang telah terkenal. Salah satu dari sekian banyak Pantai estetis terkenal yang terdapat di Malang ialah Pantai Sendang Biru. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. Pantai yang terletak di Selatan kota Malang ini menghadap samudera Indonesia yang telah dikenal dengan ombak yang besar. Namun siapa sangka bila Pantai yang satu ini tidak mempunyai ombak yang besar, malahan relatif paling tenang. Ini disebabkan oleh adanya pulau Sempu yang merintangi dan memecah ombak besar yang datang ke arah Pantai.

pantai-sendang-biru

Pantai Sendangbiru ialah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif bertempatan di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Sendangbiru adalah salah satu wanawisata yang dipunyai oleh Perum Perhutani dan dikelola oleh KBM JLPL Unit II. Terletak di petak 81 dan 86 dengan luas baku 50 ha dan luas area 3 ha, RPH Sumber Agung, BKPH Sumbermanjing, KPH Malang termasuk ruang belajar hutan lindung.

Rute Menuju Sendang Biru

sendang-biru

Jarak dari Kota Malang adalah 67 kilometer dan dibutuhkan waktu selama 2-2,5 jam agar dapat sampai ke Pantai Sendangbiru. Satu-satunya sarana transportasi ialah kendaraan pribadi, sebab tidak terdapat angkutan umum yang melintas di sana. Pantai ini tidak jauh letaknya dari Pantai Goa China, hanya diperlukan waktu selama 15 menit dengan kendaraan bermotor. Dari JLS masuk mengarah ke bibir pantai pun sekarang sudah beraspal. Hanya beberapa ruas jalan saja yang aspalnya mengelupas. Untuk menuju ke tempat ini kami sarankan anda menggunakan kendaraan yang fit atau anda bisa ikut program tour paket wisata malang.

Sejarah Pantai Sendang Biru

Pantai Sendangbiru mulai dibuka pada tahun 1970. Hanya saja waktu dikala masih nelayan lokal. Baru pada 1980-an, nelayan dari luar wilayah juga masuk ke Sendangbiru. Hal tersebut karena dibangunnya pangkalan pendaratan ikan Pondokdadap pada tahun 1980-1989.

Pemandangan di Pantai Sendangbiru Sebenarnya lumayan menarik. pasirnya putih yang bersih dan air lautnya yang biru bening menjadikan pemandangan yang indah. Kapal nelayan yang berwarna-warni bersandar rapi di ambang pantai. Kapal itu tidak hanya dipakai sebagai sarana mencari ikan saja, namun juga disewakan kepada wisatawan. Anda dapat menyewa kapal itu untuk berkeliling di dekat pantai.

Biaya yang dipatok tidak terlampau mahal, seharga Rp 100.000 kapal motor dan Rp 50.000 kapal yang didayung. Di tengah laut, Anda dapat melihat ke bawah. Di sana pemandangan bawah laut jelas terlihat. Ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela karang menciptakan pengalaman yang luar biasa.

Harga Tiket untuk bisa Masuk ke dalam Pantai Sendang Biru

Seperti kebanyakan objek wisata di tanah air, agar dapat masuk ke area Pantai Sendang Biru semua pengunjung juga diwajibkan untuk melakukan pembelian tiket masuk. Tidak butuh mahal-mahal, anda cukup membayar sebesar Rp 5.000 satu tiket per orangnya. Itu merupakan harga yang paling murah untuk tiket masuk ke suatu objek wisata seindah Pantai Sendang Biru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *