Sehari setelah haid berhubungan intim apakah bisa hamil
Kehamilan

Sehari Setelah Haid Berhubungan Intim Apakah Bisa Hamil

Sehari setelah haid berhubungan intim apakah bisa hamil?

Jawabannya: Sangat mungkin!

Begini penjelasannya…

Ketika sel telur atau ovum sudah matang, maka ia akan keluar dari indung telur (ovarium) menuju ke tuba fallopi tempat pembuahan akan berlangsung.

Proses keluarnya sel telur dari ovarium ke tuba fallopi disebut sebagai ovulasi.

Terhitung sejak keluar dari ovarium sampai berada di tuba fallopi, ovum ini hanya akan hidup maksimal 24 jam, dan kemudian mati.

Agar pembuahan berhasil, sperma harus sudah membuahi sel telur sebelum lewat 24 jam sejak ovulasi terjadi.

Dari sini terlihat dengan jelas bahwa peluang hamil setelah haid sangat kecil, sebab sedikit saja salah waktu dalam berhubungan, kehamilan tidak akan terjadi.

Karena itu, supaya ovulasi bisa tetap terjadi meskipun umur sel telur yang terlalu singkat, maka hubungan intim harus dilakukan di awal-awal setelah haid selesai.

Alasannya karena sperma mampu bertahan hidup di tuba fallopi selama 7 hari sejak dikeluarkan oleh pria.

Jadi caranya seperti ini…

Kita membuat sperma sudah berada di tuba fallopi sebelum tiba waktu ovulasi, sehingga ketika ovulasi terjadi maka pembuahan akan langsung terjadi juga.

Jadi misalkan bunda berhubungan 1 hari setelah menstruasi, maka sperma akan hidup sampai 7 hari kedepan, atau sampai hari k-8 setelah haid.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah 8 hari setelah menstruasi pasti terjadi ovulasi?

Sebab kalau tidak, maka tentunya sperma mati sebelum sel telur berovulasi sehingga bunda tidak akan positif hamil setelah selesai haid.

Mari kita hitung…

Misalkan bulan ini bunda mulai haid di tanggal 13, dan haid bunda teratur 28 hari serta bunda haid selama 7 hari, maka ovulasi akan terjadi 14 hari kemudian, yaitu pada tanggal 13 + 14 = 27.

3 hari sebelum dan sesudah tanggal 27 disebut juga masa subur biasa, sehingga secara keseluruhan masa subur bunda yaitu dari tanggal 24 s/d tanggal 30 (27 – 3 = 24, dan 27 + 3 = 30).

Dari tanggal selesai menstruasi ke tanggal ovulasi mulai terjadi, yaitu dari tanggal 20 (13 + 7) sampai ke tanggal 24 adalah 4 hari.

Jadi sperma masih hidup di tuba fallopi ketika ovulasi berlangsung, sehingga bunda akan bisa hamil kalau berhubungan 1 hari setelah selesai haid.

Demikian penjelasan seputar sehari setelah haid berhubungan intim apakah bisa hamil? Jawabannya sangat mungkin.

Kunjungi website ini untuk dapatkan tips seputar panduan hamil lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *