Tekno

Smartphone dan Tablet Terbaik 2019

Smartphone dan Tablet Terbaik 2019

iPhone X

Bagi kebanyakan orang iPhone merupakan simbol kemewahan, prestise, dan kemapanan. Hal ini di karenakan harga iphone yang bisa dibilang mahal. Harga iphone 2019 sendiri untuk seri terbarunya yakni iPhone X dibandrol di atas 10 juta rupiah. Harga yang sama dengan harga motor. iPhone sendiri kelebihannya ada di bagian kamera dan kelancaran dalam multitasking. Kamera iphone X sndiri di bekali dengan dual kamera belakang yang di klaim hasilnya setara dengan DSLR

 

Axio Picopad 7

Desain

kesan pertama saat memegang tablet Ringan. Itu terbaru dari Axioo ini. Ukurannya pas digenggam erat dengan satu tangan. Tombol volume dan tombol power dikelompokkan di ujung kanan atas, membuatnya agak sulit diakses. Di sisi kanan, ada port microUSB dan jack audio 3.5 mm. Sementara di sisi kiri, tersedia slot SIM card dan microSD. Di belakang, ada kamera tanpa ?ash, juga speaker mono dan tombol reset. Tak ada tombol haptic untuk mengelola tablet. Adanya hanya tombol virtual yang berderet di sisi bawah homescreen, yaitu Back, Home, Multitasking, ditambah plus minus volume. Tombol virtual ini berukuran kecil dan agak sulit diakses ketika sedang memainkan suatu game atau aplikasi

Antarmuka dan Aplikasi

Antarmuka Jelly Bean yang diadopsi tidak pas dengan resolusi ukuran layar Picopad 7. Imbasnya, tampilan layar terlihat kurang bagus. Ukuran ikon terlalu kecil, sehingga layar terlihat kosong dan kurang rapi. Ini sangat terlihat di lima halaman homescreen-nya. Solusinya, kita mesti menginstalasi banyak aplikasi dan game agar terlihat penuh. Selain dari Google, aplikasi tambahan yang ada standar saja. Ada Backup and Restore, ES Task Manager, File Manager, Kingsoft Ofce, MX Player, Sound Recorder, facebook, twitter, Voice search, dan wireless input. Sesuai namanya, yang terakhir itu berfungsi untuk menambahkan perangkat luar seperti keyboard, dan terhubung via bluetooth.

Musik

Audio playernya sangat standar dan minimalis, sehingga kurang enak dipandang. Apalagi rasio besarnya layar dan huruf kurang pas, sehingga mengurangi keseimbangan pandangan. Untungnya, suara dari speakernya terdengar jernih dan keras, tanpa ada gejala pecah. Seperti Android Jelly Bean lain, ada equaliser bawaan dengan sebelas pilihan equaliser siap pakai plus lima kanal equaliser manual. Juga ada Bass Boost, 3D E?ect dan Reverb yang hanya berfungsi saat dipakai earphone. Lewat earphone, suara terdengar bagus dan jernih, dengan efek stereo kuat. Nada bass juga muncul dan bisa dinikmati, meski kurang bulat. Tapi, dengan mengganti headset yang lebih baik, hal itu bisa diatasi. Radio FM sebagai hiburan alternatif tak tersedia di tablet ini.

Kamera

Tablet biasanya memang tak menonjolkan kemampuan fotograf yang mumpuni. Hasil foto kameranya hanya untuk dikirim ke facebook, juga untuk video call. Seperti kamera di tablet ini yang hanya 2 MP tanpa ?ash, dan VGA di depan. Menunya standar saja, seperti White Balance, Exposure. Hasil foto di luar ruang tergolong kurang. Foto terlihat kurang tajam, warna pucat dan berpendar putih, dan kehilangan detil saat merekam kontras objek yang kuat. Kamera juga merekam dalam gerakan lambat, dan sulit merekam objek makro. Di dalam ruang, warna foto lebih baik, tapi ketajaman sangat berkurang. Rekaman video di luar ruang sedikit lebih baik, karena terlihat cukup tajam dan jelas tanpa terlihat pucat. Namun, gejala patah-patah cukup terasa saat diputar. Di dalam ruang, rekaman video nyaris tak bisa dinikmati karena warnanya gelap, noise tinggi, dan kurang tajam.

Kinerja

Kami tak menemui kinerja yang cukup berarti saat memainkannya. Semua berjalan lancar, termasuk game-game 3D. Begitu pula multitasking yang bisa berjalan lancar, dengan banyak aplikasi dan game yang dibuka sekaligus. Memori RAM yang lega membuatnya mampu menangani banyak aplikasi dan game dengan lancar. Kalau pun ada sedikit kekurangan soal kinerja ini adalah respon layar yang terkadang kurang responsif saat jari dimainkan. Internet bisa dinikmati dengan baik, lewat koneksi 3G dan WiFi. Jika koneksi cukup cepat dan stabil, membuka belasan situs sekaligus bukanlah masalah. Koneksi ke perangkat lain bisa dilakukan lewat kabel data USB dan bluetooth. Hasil uji benchmark menunjukkan skor yang bagus, meski lebih rendah dibanding skor tablet sekelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *