Kesehatan

Sudah Tau Cara Membersihkan Karpet Yang Baik dan Benar?

Cara membersihkan karpet tempat tinggal agar keluar bersih, sehat dan safe untuk buah hati Anda. Karena karpet merupakan salah satu aksesories interior favorit terlebih di ruang keluarga, agar kudu tetap bersih. Dalam sebuah rumah, ruang yang paling banyak dikunjungi adalah ruang keluarga, agar karpet kerap diinjak. Akibatnya, karpet ringan sekali kotor dan menaruh banyak debu dan tempat berkembang biaknya bakteri. Karpet yang punyai bulu tebal dan padat kalau dibiarkan kotor dan berdebu akan menjadi sarang kuman. Hal ini tentu membahayakan kebugaran anggota keluarga terlebih anak-anak.

Solusi terbaik adalah rutin membersihkan karpet. Meskipun keluar tetap cerah dan bersih kita tidak dapat memandang segera kuman dan bakteri disana. Agar karpet di ruang keluarga keluar cerah, bersih dan sehat bagi keluarga bersihkan karpet tiap tiap bulan.  Bagi kalian yang tidak memiliki tempat yang luas, waktu kosong, ataupun saat cuaca tidak bersahabat, saya memiliki rekomendasi untuk menggunakan Jasa Cuci Karpet yang bisa diandalkan dalam urusan cuci karpet. Sepengetahuan saya, menggunakan teknik dry clean carpet, yang memiliki keunggulan benar-benar kering, tidak ada waktu pengeringan, sangat efektif, sangat mudah, ramah lingkungan, dan aman dari kimia.

 

Inilah cara membersihkan karpet tempat tinggal secara alami yang terbukti paling efektif, diantaranya:

1. Gunakan Tepung Jagung

Karpet yang ternoda oleh kotoran yang bersifat basah layaknya tumpahan sisa minuman, pakailah tepung jagung untuk menyerapnya
terlebih dahulu. Caranya sederhana, taburkan tepung jagung pada anggota yang kotor lantas diamkan sejenak sampai kotoran terlampau terserap. Selanjutnya, membersihkan mengfungsikan alat penyedot debu.

2. Bersihkan dengan Sapu Terlebih Dahulu

Sebelum membersihkan karpet dengan penyedot debu, membersihkan kotoran berukuran besar terlebih dahulu mengfungsikan sapu lidi atau sapu yang lebih lembut. Perlu diketahui bahwa kotoran berukuran besar layaknya potongan makanan atau benda berbahan keras akan memicu alat penyedot debu tersumbat. Alih-alih membersihkan karpet Anda tambah kudu melakukan perbaikan penyedot debu.

3. Oles Cairan Khusus Pembersih Karpet

Agar hasil pembersihan lebih efektif, usapkan anggota yang kotor dengan cairan pembersih khusus karpet. Kemudian berisihkan mengfungsikan mesih pembersih karpet. Jika cairan berikut tidak ada Anda dapat mengfungsikan cuka sebagai gantinya.

4. Gunakan Mesin Pembersih Karpet

Untuk noda dan bau yang terlampau kuat pada permukaan karpet dapat dibersihkan dengan mesih khusus pembersih karpet. Bau yang tetap tercium berasal dari karpet akan bersih. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menambahan air panas atau cairan kimia pembersih untuk mencuci seratnya. Anda tidak kudu membeli mesin pembersih karpet melainkan menyewanya berasal dari toko perlengkapan tempat tinggal dan taman, toko karpet atau toko khusus alat vakum.

5. Ikuti Petunjuk Penggunaan Mesin

Jika Anda membersihkan karpet mengfungsikan mesin, sebaiknya baca dan mengikuti buku petunjuk penggunaan. Hal ini mutlak untuk menyadari takaran cairan pembersih noda serta prosedur pencucian karpet. Itulah beberapa  cara membersihkan karpet rumah, mudah-mudahan strategi ini dapat membantu Anda agar karpet bersih dan lebih sehat.

 

Persiapan sebelum saat mencuci karpet

Sebelum mulai mencuci karpet, ada beberapa hal yang kudu diperhatikan agar sistem mencuci karpet dapat berlangsung dengan lancar.

Vacuum cleaner. Alternatif: sapu ijuk/lidi. Fungsinya untuk membersihkan debu-debu yang ada di karpet sebelum saat karpet dicuci.

Tongkat. Fungsinya kurang lebih mirip dengan vacuum cleaner, tetapi punyai kelebihan dapat mengeluarkan debu-debu membandel yang terselip di di dalam karpet –tergantung kapabilitas si pemukul

Detergen. Fungsinya untuk membersihkan noda yang ada pada karpet dan terhitung dapat sebagai pewangi. Tempat cuci yang lumayan luas. Fungsinya sudah jelas, sebagai tempat untuk kita mencuci karpet.

Jemuran. Fungsinya terhitung sudah jelas, untuk bermain petak umpet menjemur karpet yang sudah dicuci. Usahakan jemuran mendapat sinar matahari langsung.
Opsional: pewangi dan baking soda.

 

Langkah mencuci karpet

Setelah segala persiapan sebelum saat mencuci karpet sudah OKE. Sekarang, mari kita mencuci karpet dengan cara sebagai berikut:

Bentangkan karpet di atas lantai dan membersihkan debu pada karpet mengfungsikan vacuum cleaner atau sapu ijuk/lidi. Bentangkan karpet pada jemuran, lantas pukul karpet mengfungsikan tongkat untuk membersihkan debu membandel yang terselip di di dalam karpet. Basahi permukaan dan anggota belakang karpet mengfungsikan air mengalir sambil disikat secara lembut untuk menghambat terlepasnya rumbai (jika ada) karpet.

Siram detergen pada karpet sambil disikat kembali dengan lembut. Bilas busa detergen mengfungsikan air yang mengalir dan melakukan beberapa kali sampai busa detergen menghilang. Opsional: Tambahkan pewangi. Proses mencuci karpet sudah selesai, kita tinggal menjemur karpet di bawah sinar matahari.

Opsional: Setelah karpet kering, taburkan baking soda secara merata pada permukaan karpet dan menanti lebih kurang 30 menit. Fungsinya adalah untuk menghilangkan bau tidak sedap pada karpet. Setelah 30 menit, sedot baking soda mengfungsikan vacuum cleaner atau sapu mengfungsikan sapu ijuk/lidi.

Nah, itulah persiapan dan langkah-langkah di dalam mencuci karpet secara manual. Mohon jangan tanyakan bagaimana cara mencuci karpet mengfungsikan mesin cuci karena saya tidak punyai pengalaman mengenai itu, hehe.

Baca Juga: Rahasia Jasa Poles Lantai yang Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *