Uncategorized

Tech Today – Tidak Setiap Anti Virus Enteng Bagi Sistem

Tech Today – Tidak Setiap Anti Virus Enteng Bagi Sistem

Game Ppsspp – Selain perbedaan kelengkapan fasilitas di antara berbagai paket AV, perbedaan lainnya yang juga terbaca dari hasil pengujian adalah beban sistem (system load) saat Antivirus aktif. Dalam hal ini, pemenang tes Kaspersky menunjukkan performa proteksinya yang optimal tanpa harus membebankan sistem, seperti saat men-download file, membuka dokumen Office, dan lain-lain. (simak grafik di kanan atas). Berbeda halnya dengan paket AV Trend Micro yang lambat dalam proses scan, Eset yang menghambat proses download file, atau McAfee yang terusmenerus melakukan proses scan file dari jaringan lokal.

Lain lagi dengan G Data yang memperlambat loading halaman web. Tren untuk menyertakan tuning tool dalam paket AV juga terlihat pada beberapa produsen, seperti Avira, McAfee, Norton, dan Trend Micro dengan software system cleaner untuk menghapus berbagai file dan entri registry yang tidak berguna. AVG juga menyediakan tool untuk menganalis kondisi sistem tetapi tidak menyertakan fungsi untuk mengoptimalkannya. Metode tuning yang berbeda dilakukan G Data, Norton, dan Trend Micro dengan menyediakan Startup manager yang berfungsi untuk mengoptimalkan start sistem dengan melacak software penghambatnya.

Selanjutnya, Startup manager akan merekomendasikan daf tar software penghambatnya kepada pengguna untuk dinonaktifkan atau diperlambat (delay-start). Meskipun pengaturan startup bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan tool internal Windows (MSConfig), para produsen AV tampaknya lebih memilih untuk menyediakan banyak fungsi dalam satu software daripada harus memakai software tersendiri.

Meskipun fungsi ekstra biasanya bermanfaat bagi penggunanya, fungsi ekstra dari AVG yang di-install pada browser (toolbar dengan search engine) justru mengganggu kenyamanan pengguna. Hal yang sama juga dilakukan Avira dengan menyisipkan toolbar Ask pada browser. Keluhan pengguna akan hal tersebut untungnya direspons Avira yang akan memperbaikinya di update berikutnya. Sebelumnya, Avira juga telah memberikan respons positif dengan mencabut pop-up window promosinya yang setiap hari selalu tampil pada paket AV gratisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *